DINAS PENDAPATAN DAERAH

KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

DETAIL

Oleh: Admin

Visi dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN,

STRATEGI DAN KEBIJAKAN

 

Visi dan Misi

Mengacu pada esensi Renstra sebagai penjabaran dari RPJMD sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Satuan Kerja Perangkat Daerah, maka gambaran ke depan ke mana Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara akan dibawa dan diarahkan terumuskan dalam serangkaian kalimat visi:

 

TERWUJUDNYA OPTIMALISASI PENDAPATAN DAERAH

YANG RASIONAL DAN DINAMIS

 

Visi tersebut mengandung muatan makna pendapatan daerah perlu dioptimalkan, khususnya dari komponen pendapatan asli daerah, sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan sumber-sumber dana pembiayaan pembangunan guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan sesuai visi Daerah. Hal tersebut dilakukan secara Rasional, dalam pengertian bahwa merencanakan target pendapatan asli daerah dilakukan secara rasional dengan mempertimbangkan realisasi penerimaan tahun lalu, potensi dan asumsi pertumbuhan ekonomi yang dapat mempengaruhi penerimaan pemerintah daerah serta optimalisasi pencapaiannya. Selain itu, perlu dipertimbangkan pula dukungan anggaran daerah yang disediakan bagi optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas Pendapatan Daerah. Dinamis, menyesuaikan dengan perkembangan dan kemajuan perekonomian daerah serta tingkat kesejahteraan masyarakat sehingga tidak memberatkan dunia usaha dan masyarakat.

Untuk mewujudkan visi maka perlu disusun misi yang merupakan rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan bayangan kondisi tentang masa depan. Sesuai dengan visi, dirumuskan misi dalam Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara, sebagai berikut:

  1. Mengoptimalkan pengelolaan pendapatan daerah

  2. Meningkatkan kualitas pelayanan kepada Wajib Pajak dan Wajib Retribusi Daerah

  3. Mewujudkan profesionalisme sumber daya aparatur dalam pengelolaan pendapatan dan pelayanan kepada masyarakat

Comment